Setiap harinya orang menciptakan account gratis, mendaftarkan diri di website jejaring sosial, maupun mendaftarkan diri untuk mendapatkan informasi secara online. Hingga saat ini, masih banyak orang yang menggunakan password yang sama bagi seluruh account yang mereka miliki, baik pada email, website jejaring sosial, website online, dan bahkan pada rekening perbankan. Pada kenyataannya, hal tersebut sangat disenangi oleh para penjahat cyber!

Para penjahat cyber merancang jutaan “bots” peranti lunak untuk mengumpulkan password dengan harapan untuk mengakses informasi pribadi. “Bots” bekerja secara otomatis dan secara terus-menerus berusaha untuk memecahkan password Anda, contohnya dengan satu persatu menggunakan setiap kata di kamus yang umum digunakan, until it gets lucky dan akhirnya berhasil membuka sebuah account.

Banyak dari kita bukanlah tech-savvy atau handal dibidang teknologi, jadi bagaimana kita mencegah bots ini dari mencuri informasi kita?

Anda dapat menciptakan tembok pengamanan disekeliling Anda. Kapanpun Anda menciptakan account online baru, pertimbangkan hal-hal berikut:

• Harus seberapa amankah password saya? Akses kepada account surat elektronik dan rekening keuangan Anda adalah hal yang paling kritikal, oleh karena itu password Anda untuk account ini harus tidak dapat ditebak, oleh komputer sekalipun. Jika account ini sekedar untuk post respon di forum, maka account yang digunakan pun tidak perlu terlalu kompleks.

• Bagaimana saya mengingat password yang sulit? Meskipun kerumitan password adalah kunci utamanya, namun masih sangat mungkin untuk menciptakan password yang kuat dan mudah diingat. Cobalah mengganti angka dengan huruf atau sesuatu yang dekat di hati Anda, dan buatlah kata sandi Anda lebih panjang dari 8 karakter. Sebuah kata sandi dengan 8 karakter yang disusun dari kombinasi angka dan huruf memiliki lebih dari satu triliun kombinasi yang berbeda, dan akan lebih sulit untuk dipecahkan!

• Ciptakan kata sandi “sekali pakai”! Ini tidak terlalu sulit. Jangan gunakan password yang sama untuk account penting dan account yang bersifat hiburan. Untuk account dengan tingkat prioritas ya
ng lebih rendah, seperti untuk posting komentar di forum, gunakanlah password “sekali pakai”.

• Perbarui password Anda secara berkala!

• Lindungi SEMUA password Anda dari semua orang. Ya, ini termasuk keluarga dan teman-teman Anda. Menjaga kerahasiaan password Anda merupakan langkah yang sangat penting dalam melindungi seluruh asset online Anda.

Jadi, pastikanlah Anda terlindung dari para pelaku kejahatan identitas. Jika anda belum melakukannya, perbarui kata sandi Anda hari ini juga!

source :  www.chip.co.id




0 comments:

Posting Komentar

free counters

Snap Shots

Get Free Shots from Snap.com