Memahami sejarah mengenai HCI/IMK adalah tentang memahami serangkaian pergeseran paradigma.  Pengertian dari memahami pergeseran paradigma itu sendiri adalah memahami dari mana anda datang sehingga dapat menjadi hubungan hingga dapat menyimpulkan kemana anda akan pergi. Paradigma dapat menuturkan interaksi yang telah ada sebelumnya dan dianggap telah berhasil beserta prinsip interaksi yang seharusnya ada pada suatu desain sistem interaksi itu. hal tersebut bertujuan agar pengguna dapat mencapai sesuatu yang di inginkan di dalam sebuah aplikasi. Pergeseran paradigma HCI dimulai dengan bergantinya card, tape ke Video Display Unit atau mainframe beralih ke personal computer, glass tty beralih ke WIMP interface, single user bergeser ke CSCW, dan banyak hal yang bergeser seiring dengan berjalannya waktu dan penemu banyak mengeluarkan resolusi baru untuk teknologi. 
Sejarah HCI
Pada tahun 1945, Vennevar Bush menyatakan dalam Athlantic Monthly, bahwa untuk membuat suatu publikasi unutk menjadi nyata yang perlu dilakukan hanyalah membuat catatan.. Bush mengembangkan suatu alat yang disebut dengan Memex, suatu inovasi penyimpanan informasi dan pengambilan produk yang memiliki tujuan untuk dapat meningkatkan kemampuan penyimpanan data informasi dengan memori yang sudah cukup besar,yang dapat membuat jejak link melalui materi. Selanjutnya pada tahun 1960-an, J.K.  Licklinder menyatakan tentang hubungan simbiosis antara manusia dan komputer dimana pasangan otak manusia dan mesin komputer sangat berhubungan dengan informasi yang merevolusi penanganan suatu komputer. Memiliki suatu visi yang terbagi menjadi Immed dan intermed. Immed terdiri dari waktu berbagi,interakif dimana sistem waktu yang dikehandaki nyata,dan penyimpana informasi dengan skala yang besar. Intermed terdiri dari gabungan speech recognition , caracter recognition, pena cahaya pengeditan yang terbagi menjadi pemahaman bahasa yang masih alami/dasar, pengenalan bahasa yang dilakukan user sendiri, dan pemrograman yang bersifat hueristik.
Pada pertengahan tahun1960-an, komputer dirasakan terlalu mahal bagi individu, waktu berbagi, peningkatan aksesibilitas, sistem interaktif, pengolahan teks, menge
dit email, shared file system, semua hal itu membutuhkan HCI. Pada tahun 1963, Ivan Sutherland menemukan sketchpad. Ia mengemukakan tentang hierarki gambar dan subpicture dengan master gambar dengan contoh OOP, icon. Dan menggunakan light pen sebagai perangkat input. Kemudian, dia menciptakan Video Display Unit(VDU) yang merupakan salah satu paradigma baru. VDU merupakan salah satu cara untuk dapat menampilkan dan memanipulasi informasi dalam bentuk citra melalui komputer.

Sekitar tahun 1964, seorang ilmuwan yang menemukan mouse, Douglash Engelbart, mengatakan landmark sistem/demo dimana terdiri dari hierarki hypertext,multimedia, mouse, high-res layar, jendela, berbagi file, pesan elektronik, CSCW, telekonfrensi. Pada tahun 1970-an, Alan Kay menciptakan suatu alat yang dinamakan Dynabook-Notebook dengan daya simpan tinggi dan merupakan komputer multimedia. Notebook ini sudah menggunakan Personal Computing, desktop interface, dan The FLEX software.  Personal Computing merupakan salah satu dari paradigma baru, menggunakan sistem yang lebih kuat, kecil bentuknya dan dengan operating system IBM PC.

Setelah itu, mulai pertengahan tahun 1970-an, mulai banyak diciptakan personal computer yang memakai teknologi GUI (Graphical User Interface). Xerox PARC yang menggunakan prosessor lokal, layar bitmap, mouse prekursos GUI modern, jendela, menu scrollbars, LAN-Ethernet. Lalu pada tahun 1981, tercipta satu pc komersial pertama yang diperuntukan untuk bisnis profesional yaitu Xerox Star, yang merupakan sistem pertama yang menggunakan kertas prototype, namun kekurangan dari star adalah arsitektur yang tertutup dan kurang berfungsinya keyboard. Pada tahun 1982, diilhami dari ide berdasarkan Star, maka terciptalah Apple Lisa, yang memiliki keuntungan lebih mempunyai akses pribadi dibandingkan bila menggunakan office tool. Setelah itu pada tahun 1984, tercipta juga Apple Machintos, yang lebih unggul dalam tampilan yang baik di setiap panduannya, tidah mudah trail/error, lebih pintar atau cepat dalam mengkopi data, graphis berkualitas tinggi dan laser printer.

Selain itu juga ditemukan WIMP dan Metaphor sebagai paradigma baru yang lain. WIMP ( Windows, Icon, Menus and Pointers ) merupakan interaksi antara sistem windows dengan WIMP, sehingga manusia mampu berpikir lebih dari satu pada waktu yang bersamaan, pc yang digunakan adalah Xerox Alto dan Star. Sedangkan, Metaphor digunakan untuk mengajarkan konsep baru dengan konsep yang telah dipahami. Semua yang digunakan merupakan pemecahan masalah yang ada pada hubungan manusia dengan komputer. Disini diperkenalkan peralatan komputer yang memilki teknik interaksi yang berbeda dengan yang sudah ada sebelumnya.
Pada tahun 1982, Ben Schneiderman menggambarkan tentang daya tarik grafis objek visibilitas, incremental aksi dan umpan balik yang cepat. Ide ini dienal dengan sebutan Direct Manipulation yang muncul dalam Apple Machintosh. Ted Nelson yang berpendapat komputer dapat membantu orang, bukan hanya bisnis, mencetuskan suatu istilah Hypertext, yaitu suatu pemikiran tentang informasi bukan sebagai aliran linier tetapi sebagai node yang saling berhubungan. Contohnya yaitu Bush MEMEX, Nelson's hypertext, Non-liniear struktur browsing. Selain ted nelson, Nicholas Negroponte yang seorang mesin MIT Arsitektur Al group, mencetuskan ide-idenya, berupa: dinding-ukuran display, video disk, Al antarmuka(agen), pengenalan bahasa, multimedia dengan hypertext. Bahasa(Agen) merupakan paradigma yang memungkinkan untuk mendeskripsikan prosedur generic misalnya mekanisme perulangan dan juga mengggunakan interface sebagai mediator atau agen. CSCW (Computer- Supported Cooperative Work ) merupakan komputer personal yang dapat bekerja secara individu dan dapat berhubungan dengan komputer lain bahkan di seluruh dunia.CSCW adalah Computer-Supported Cooperative Work dimana tidak ada user tunggal yang mengedepankan mikro aspek sosial, dan email sebagai kesuksesan menonjol tapi groupware lain masih belum banyak digunakan.

Mark Weiser memperkenalkan tentang "calm technology",  yang berbunyi 'It’s everywhere, but recedes quietly into background' . Pada Ubiquitos orang-orang tidak lagi menggunakan menngunakan perangkat virtual tapi penghuni virtual. Dengan lingkungan komputasi yang sudah cukup memadai sehingga tidak menghiraukan aspek makro sosial yang ada. Ubiquitos ini pada tahun 90-an, seperti PDA, Ves dan lain-lain.





Oleh:
Arum Agesti Aprilia
50407164
3IA07

0 comments:

Posting Komentar

Ada kesalahan di dalam gadget ini

Snap Shots

Get Free Shots from Snap.com