Welcome semester 8 !!!
Tulisan ini adalah tulisan pertama saya untuk tugas di semester 8 yang mudah-mudahan menjadi semester terakhir saya di Universitas Gunadarma.. Amiiiinn..

Saya akan mengulas sedikit tentang Pengantar Komputasi Modern. Menurut sumber yang saya baca, ilmu komputasi adalah bidang ilmu yang mempunyai perhatian pada penyusunan model matematika teknik penyelesaian numerik serta penggunaan komputer untuk menganalisis dan memecahkan masalah-masalah ilmu (sains). Dalam penggunaan praktis, biasanya berupa penerapan simulasi komputer atau berbagai bentuk komputasi lainnya untuk menyelesaikan masalah-masalah dalam berbagai bidang keilmuan, tetapi dalam perkembangannya digunakan juga untuk menemukan prinsip-prinsip baru yang mendasar dalam ilmu.  Teknologi komputasi itu sendiri adalah aktivitas penggunaan dan pengembangan teknologi komputer, perangkat keras, dan perangkat lunak komputer. Ia merupakan bagian spesifik komputer dari teknologi informasi.


Masalah yang kompleks yang sulit dipecahkan oleh manusia bisa di kerjakan oleh computer, sehingga cara bekerja computer hampir sama dengan otak manusia. Komputasi merupakan suatu sub-bidang dari ilmu komputer dan matematika. Selama ribuan tahun, perhitungan dan komputasi umumnya dilakukan dengan menggunakan pena dan kertas, atau kapur dan batu tulis, atau dikerjakan secara mental, kadang-kadang dengan bantuan suatu tabel. Namun sekarang, kebanyakan komputasi telah dilakukan dengan menggunakan komputer.

Komputasi modern menghitung dan mencari solusi dari masalah yang ada, yang menjadi perhitungan dari komputasi modern adalah :
1. Akurasi (bit, Floating poin)
2. Kecepatan (Dalam satuan Hz)
3. Problem volume besar (Down sizing atau paralel)
4. Modeling (NN dan GA)
5. Kompleksitas (Menggunakan teori Big O)


• Akurasi
Akurasi merupakan kedekatan dengan tujuan yang ditargetkan, sering hasil keterampilan atletik atau teknologi yang digunakan.

• Kecepatan
Percepatan (kecepatan), dalam fisika, laju perubahan kecepatan dari waktu ke waktu. Sebuah objek mempercepat, memperlambat, atau mengubah arah di mana ia bergerak. Kecepatan yang dimaksud disini adalah kecepatan computer dalam melakukan komputasi terhadap sebuah data.

• Modelling
Sebuah model komputasi adalah model matematika dalam ilmu komputer luas yang memerlukan sumber daya komputasi untuk mempelajari perilaku sebuah sistem yang kompleks dengan simulasi komputer. Sistem yang diteliti seringkali merupakan kompleks sistem nonlinier yang sederhana, intuitif solusi analitis tidak tersedia. Alih-alih menurunkan analisis matematis solusi untuk masalah ini, eksperimen dengan model ini dilakukan dengan mengubah parameter sistem dalam komputer, dan mempelajari perbedaan hasil eksperimen. Teori pengoperasian model dapat diturunkan / dideduksi dari percobaan komputasi ini.

• Kompleksitas
Kompleksitas komputasi adalah cabang dari teori komputasi dalam ilmu komputer yang berfokus pada mengklasifikasikan masalah komputasi sesuai dengan kesulitan inheren mereka. Dalam konteks ini, sebuah masalah komputasi dipahami sebagai tugas yang pada prinsipnya setuju untuk menjadi dipecahkan oleh komputer.


Tokoh ilmuwan yang dikenal sebagai seorang Bapak Komputasi Modern adalah John von Neumann. Hal ini bermula karena beliau adalah seorang ilmuwan yang meletakkan dasar-dasar komputer modern.

Model Komputasi

>> Mesin Mealy

Dalam teori komputasi sebagai konsep dasar sebuah komputer, mesin Mealy adalah otomasi fasa berhingga (finite state automaton atau finite state tranducer) yang menghasilkan keluaran berdasarkan fasa saat itu dan bagian masukan/input. Dalam hal ini, diagram fasa (state diagram) dari mesin Mealy memiliki sinyal masukan dan sinyal keluaran untuk tiap transisi. Prinsip ini berbeda dengan mesin Moore yang hanya menghasilkan keluaran/output pada tiap fasa. Nama Mealy diambil dari “G. H. Mealy” seorang perintis mesin-fasa (state-machine) yang menulis karangan “A Method for Synthesizing Sequential Circuits” pada tahun 1955.




sumber: wikipedia

0 comments:

Posting Komentar

free counters

Snap Shots

Get Free Shots from Snap.com