Sebagai seorang mahasiswa, tentunya mempunyai banyak aktivitas. Aktivitas pun sering dilakukan di luar ruangan yang jelas sering terkena sinar matahari, debu dan kotoran. Terkadang kita lupa atau malas untuk merawat kecantikan wajah, sehingga terlihat kusam dan tak terawat. Selain rajin dibersihkan, wajah kita juga perlu perawatan lain, seperti masker untuk mengangkat sel-sel kulit mati.

Untuk merawat kulit wajah, ada baiknya kita rajin menggunakan masker. Sebiknya kita mencoba masker dengan bahan dasar yang alami, seperti buah-buahan. Ternyata buah-buahan tidak hanya untuk dimakan saja, beberapa jenis buah juga bisa membuat kita cantik dan wajah terlihat lebih bersinar, lho. Yuk kita intip buah apa saja itu dan kegunaannya!


ALPUKAT :  Alpukat banyak mengandung vitamin A, C, dan E, zat besi, protasium, niasin, asam pantotenik serta protein yang tidak biasanya terdapat dalam buah. Semua zat ini berguna bagi keindahan dan kesehatan kulit. Masker alpukat ini bisa untuk kulit normal maupun kering. Untuk membuat ramuan masker ini, gunakan alpukat yang telah masak. Cara memakai: Cuci tangan anda dengan air hangat, kemudian lumatkan alpukat secukupnya, balurkan ke seluruh wajah kecuali sekitar mata, seperti masker. Biarkan selama 30 menit, lalu basuh dengan air hangat. Bagi anda yang kulit wajah dan tangannya sangat kering, setelah dibasuh dengan air hangat dapat dilanjutkan dengan mengoleskan es batu ke wajah dan tangannya.


STRAWBERRYBuah merah ini banyak mengandung asam salisilat yaitu jenis asam beta-hidroksi yang dapat membantu mengencangkan kulit, silica dan vitamin B, C, E serta K, Buah ini memiliki kemampuan untuk menyehatkan dan meremajakan kulit dan masker strawberry ini baik digunakan untuk hampir semua jenis kulit. Cara membuat: lumatkan beberapa buah strawberry yang segar dan telah dibuang daun serta tangkainya. Setelah itu, usapkan dua sendok makan adonaan tersebut pada wajah anda dan biarkan selama 15 menit. Lalu anda bilas dengan air steril atau air hangat biasa. Jika anda ingin mendapatkan efek toning yang lebih kuat maka anda bisa tambahkan sedikit putih telur kocok. Lalu masukkan juga satu sendok makan air mawar dan beberapa tetes minyak esensial frankincense. Lakukan masker ini dua kali dalam seminggu dan anda akan melihat hasilnya.



PISANG : Buah ini mengandung vitamin A, C dan Gula. Untuk kecantikan, buah pisang dapat menyehatkan dan menghaluskan kulit kita. Pisang juga bisa digunakan untuk membersihkan dan merangsang sel kulit mati. Cara membuat: pilih pisang yang sudah matang lalu dihancurkan. Tambahkan sedikit madu (sekitar 1 sendok makan), lalu aduk rata. Selanjutnya oleskan masker tersebut pada wajah sekitar 15-20 menit. Terakhir, bilas wajahmu dengan air hangat, diikuti dengan air dingin setelahnya. Lakukan perawatan ini secara rutin dan teratur.


LEMONBuah ini mengandung asam citril (AHA) dan vitamin C yang biasanya sebagai astringent alami untuk kulit. Air jeruk nipis ini selain untuk kecantikan dan kesehatan, juga bisa untuk mengecilkan pori-porki dan menghilangkan kelebihan lemak pada jenis kulit berminyak. Cara memakainya : Apabila anda ingin merapatkan pori-pori kulit, maka ambil daging jeruk nipis, oleskan pada kulit wajah. Biasanya di sekitar hidung dan pipi yang pori-porinya terlihat besa. Sedangkan, jika anda ingin memutihkan dan menghaluskan kulit, caranya usapkan potongan jeruk nipis pada wajah dan kulit bagian tubuh lainnya.


ANGGUR : Hampir semua jenis anggur yang warnanya berbeda, dapat digunakan untuk masker wajah. Cara membuatnya: lumatkan atau blender anggur lalu saring. Setelah itu, oleskan pada wajah dengan menggunakan kapas. Diamkan selama 20 menit lalu bilas dengan air mawar. Masker ini dapat digunakan setiap hari karena baik untuk hampir semua jenis kulit, mulai dari kulit kering, lembab ataupun kulit yang rusak.


MENTIMUN  Perpaduan kadar air, vitamin C dan asam amino yang tinggi menjadikan mentimun cocok untuk dipakai untuk berbagai jenis pengobatan dan pemeliharaan kulit. Manfaat mentimun dalam kecantikan,bisa mengurangi minyak, mengecilkan pori dan menyembuhkan kulit terbakar. Cara memakainya : kupas dan hancurkan mentimun. Tambahkan satu sendok makan susu bubuk dan sedikit putih telur, kocok sampa rata. Setelah itu oleskan pada wajah dan leher. Biarkan sampai kering, kira-kira 10-15 menit. Setelah itu, bilas dengan air dingin. Nah, bila anda memakainya secara teratur, maka wajah anda akan terhindar dari jerawat, komedo, serta mencegah penuaan dini dan kekeringan kulit wajah.

TOMAT :  Buah ini mengandung vitamin C sebagai antioksidan, mineral, asam amino yang dapat memberi astringent pada kulit. Selain itu, buah tomat juga dapat mengurangi minya, mengecilkan pori-pori. Masker ini dapat digunakan untuk kulit bermiyak maupun kering. Cara memakainya : Kupas dua tomat masa, hancurkan sampai menyerupai bubur. Lalu oleskan pada wajah. Biarkan 10 – 15 menit.Lalu bilas hingga bersih. Atau bisa juga dengan cara lain yaitu ambil tomat yang sudah matang lalu iris dan gosokkan pada wajah.  Wajahmu akan lebih halus dan terlihat mulus apabila dilakukan secara rutin dan teratur.



TIPS AGAR MASKER MENCAPAI HASIL MAKSIMAL :1. Jika anda alergi terhadap jenis buah tertentu, hindari menggunakan masker dengan buah tersebut.
2. Sebelum memasker wajah, bersihkan dulu wajah anda dengan pembersih muka wajah anda. Lalu lanjutkan dengan menscrub wajah anda dulu sebelum memakai masker. Scrub wajah ini untuk menghaluskan kulit. Bahan-bahan scrub bisa diambil dari bahan alami juga. Seperti parutan kelapa atau wortel yang digosokkan pada kulit wajah.
3. Setelah itu, masker baru dioleskan pada wajah dan leher dengan gerakan dari bawah dagu ke bahwa telinga, lalu dari sudut bibir ke tengah telinga, lalu dari batang hidung melingkar, melewati pelipis dahi.
4. Olesan masker juga harus sama tebalnya. Jangan sampai kena mata dan bibir. Sebelum mengangkat dan membersihkan masker, lembabkan dahulu wajah anda dengan handuk hangat supaya kulit tidak ikut tertarik.
5. Pada saat pemakaian masker jangan sambil berdiri, duduk atau berjalan – jalan. Usahakan dengan posisi berbaring dan dalam keadaan rileks. Juga, lebih baik jangan bicara atau tertawa saat pemakaian masker, atau pun gerakan-gerakan ekspresi wajah.
6. Lama menggunakan masker yang baik kira-kira 10 – 20 menit. Biarkan sampai kering sendiri. Jangan dikeringkan dengan alat bantu kipas angin atau alat lainnya.
7. Lakukan secara rutin dan teratur seminggu sekali. Bagi wajah yang bermasalah bisa dilakukan dua kali dalam seminggu.


SELAMAT MENCOBA YAAAAA... TETAP CANTIK!!

0 comments:

Posting Komentar

Ada kesalahan di dalam gadget ini

Snap Shots

Get Free Shots from Snap.com