DEFINISI
video game adalah permainan elektronik yang melibatkan interaksi antarmuka pengguna untuk menghasilkan interaksi visual pada perangkat video. Kata video dalam permainan video game secara umum menunjuk ke perangkat layar visual. Namun, dengan penggunaan istilah populer “video game”, sekarang berarti semua jenis perangkat layar. sistem elektronik digunakan untuk bermain video game yang dikenal sebagai platform; contohnya adalah komputer pribadi dan konsol permainan video.


SEJARAH
Awal permainan interaktif menggunakan perangkat elektronik dengan berbagai format tampilan. Contoh paling awal adalah dari tahun 1947-a “Tabung sinar katoda” ini diajukan untuk paten pada 25 Januari 1947 oleh Thomas T. Goldsmith Jr dan Estle Ray Mann, dan dikeluarkan pada 14 Desember 1948 sebagai US Patent 2.455.992.
Terinspirasi oleh teknologi layar radar, terdiri dari perangkat analog yang memungkinkan pengguna untuk mengendalikan vektor-dititik tarik pada layar untuk simulasi sebuah rudal yang ditembakkan pada sasaran, yang gambarnya tetap pada layar.
Contoh-contoh lain meliputi:
*The Nimrod komputer pada 1951 Festival of Britain
* OXO a tic-tac-toe game Komputer oleh Alexander S. Douglas untuk EDSAC pada 1952
* Tenis untuk Dua, sebuah permainan interaktif direkayasa oleh William Higinbotham pada tahun 1958
* Spacewar!, Yang ditulis oleh Martin Graetz mahasiswa MIT, Steve Russel, dan Wayne Wiitanen’s pada Desember PDP-1 komputer  pada 1961.

KALISIFIKASI GAME
Secara umum, diskusi tentang video game baik dalam pers dan politik seputar judul ditemukan pada permainan inti klasifikasi; historis, yang terdiri dari video game dikembangkan untuk bermain di komputer pribadi, berdedikasi permainan video game konsol atau handheld konsol.
#Core Game
ditentukan oleh intensitas, kedalaman bermain atau skala produksi yang terlibat dalam penciptaan dan dapat termasuk permainan di spektrum yang luas genre. Misalnya Bit.Trip seri untuk WiiWare, Call of Duty 4: Modern Warfare untuk PC dan konsol atau PS3 LittleBigPlanet untuk semua jatuh dalam permainan inti klasifikasi. Inti permainan kadang-kadang dianggap menuntut dalam permainan mereka dan biasanya tidak menarik bagi gamer biasa, tetapi ini lebih merupakan pedoman dari sebuah aturan.
#Casual Game
Penamaan casual game diperoleh karena kemudahan aksesibilitas, sederhana untuk memahami permainan dan cepat untuk memahami aturan set. Selain itu, game kasual sering mendukung kemampuan untuk melompat masuk dan keluar dari bermain sesuai permintaan. Santai permainan sebagai format ada jauh sebelum istilah ini diciptakan dan termasuk video game seperti Solitaire dan Minesweeper yang umumnya dapat ditemukan pra-instal dengan banyak versi sistem operasi Microsoft Windows.
Contoh genre dalam kategori ini adalah objek tersembunyi, pertandingan tiga, manajemen waktu, Tetris atau banyak menara gaya pertahanan permainan. Permainan kasual umumnya dijual melalui pengecer online seperti PopCap, Zylom dan GameHouse atau disediakan untuk bermain bebas melalui web portal seperti Yahoo! Permainan atau AddictingGames.
Sementara game kasual yang paling sering diputar di komputer pribadi, handphone atau PDA, mereka juga dapat ditemukan di banyak on-line sistem konsol layanan download (misalnya, Xbox Live, PlayStation Network, atau WiiWare).
#Serious Game
adalah permainan yang dirancang terutama untuk menyampaikan informasi atau pengalaman belajar semacam ke pemain. Permainan serius bahkan mungkin gagal untuk memenuhi syarat sebagai permainan video dalam pengertian tradisional istilah. Selain itu, perangkat lunak pendidikan biasanya tidak termasuk dalam kategori ini (misalnya, sentuhan tutor mengetik, belajar bahasa, dll ..) dan perbedaan utama akan tampak berdasarkan judul tujuan utama serta usia sasaran demografis. Seperti dengan kategori lainnya, deskripsi ini lebih merupakan pedoman dari sebuah aturan.
Serius permainan adalah permainan umumnya dilakukan karena alasan-alasan di luar dan sebagai hiburan yang sederhana dengan permainan inti dan kasual dapat mencakup karya dari genre tertentu, meskipun beberapa seperti exergames, permainan edukatif, atau propaganda permainan (misalnya militainment) mungkin memiliki perwakilan yang lebih tinggi dalam hal ini kelompok karena materi subjeknya. Permainan ini biasanya dirancang untuk dimainkan oleh para profesional sebagai bagian dari pekerjaan tertentu atau untuk peningkatan keterampilan. Mereka juga dapat dibuat untuk menyampaikan kesadaran sosial-politik pada subjek tertentu.
Salah satu permainan serius terpanjang waralaba akan Microsoft Flight Simulator pertama kali diterbitkan pada tahun 1982 di bawah nama itu. Militer Amerika Serikat menggunakan virtual reality berdasarkan latihan simulasi untuk pelatihan, seperti halnya semakin banyak peran responder pertama (misalnya, polisi, pemadam kebakaran, EMT).   Salah satu contoh dari lingkungan non-permainan digunakan sebagai platform untuk pengembangan permainan serius akan dunia virtual Second Life, yang saat ini digunakan oleh beberapa departemen pemerintah Amerika Serikat (misalnya, NOAA, NASA, JPL), Perguruan Tinggi (misalnya, Ohio University, MIT) untuk pendidikan dan program-program pembelajaran jarak jauh dan bisnis (misalnya, IBM, Cisco Systems) untuk pertemuan dan pelatihan.

GAME ONLINE
Game online merupakan sebuah game yang dapat dimainkan secara bersama-sama dengan pemain yang lain melalui media koneksi jaringan (LAN/internet)
#Sejarah Game Online
Perkembangan game online sendiri tidak lepas juga dari perkembangan teknologi komputer dan jaringan computer itu sendiri. Meledaknya game online sendiri merupakan cerminan dari pesatnya jaringan computer yang dahulunya berskala kecil (small local network) sampai menjadi internet dan terus berkembang sampai sekarang. Games Online saat ini tidaklah sama seperti ketika games online diperkenalkan untuk pertama kalinya. Pada saat muncul pertama kalinya tahun 1960, computer hanya bisa dipakai untuk 2 orang saja untuk bermain game. Lalu muncullah computer dengan kemampuan time-sharing sehingga pemain yang bisa memainkan game tersebut bisa lebih banyak dan tidak harus berada di suatu ruangan yang sama (Multiplayer Games).
Lalu pada tahun 1970 ketika muncul jaringan computer berbasis paket (packet based computer networking), jaringan computer tidak hanya sebatas LAN saja tetapi sudah mencakup WAN dan menjadi Internet. Game online pertama kali muncul kebanyakan adalah game-game simulasi perang ataupun pesawat yang dipakai untuk kepentingan militer yang akhirnya dilepas lalu dikomersialkan, game-game ini kemudian menginspirasi game-game yang lain muncul dan berkembang. Pada tahun 2001 adalah puncak dari demam dotcom, sehingga penyebaran informasi mengenai game online semakin cepat.
#Dampak Game Online
Game online muncul tidak hanya mempengaruhi kehidupan social pemainnya dalam dunia nyata tetapi juga terkadang mempengaruhi kejiwaan seseorang apabila memainkannya terlalu lama. Seperti yang dilansir ketok.com, gara-gara sebuah game, seorang pemuda di amerika serikat nekad menusuk temannya sendiri. Bahkan anak-anak yang kecanduan bermain game sering membolos dari sekolahnya agar bisa melanjutkan petualangannya di dunia maya.
Akan tetapi dari segi bisnis, game online masih memiliki prospek bagus kedepannya. Dengan kehadiran games online ini, orang-orang bisa menciptakan lapangan kerja sendiri yaitu games center, atau menjadi pengembang games sehingga dapat mengurangi angka pengangguran. Game online juga bisa meningkatkan kemampuan bekerja sama pada otak anak seperti yang dilansir ketok.com.

TEKNOLOGI DALAM GAME
Teknologi yang digunakan pada game-game yang berbasiskan konsole/PC pada saat ini melibatkan beberapa teknologi pada perangkat keras/lunak seperti:
  • 3D dan Rendering
Rendering adalah proses menghasilkan sebuah gambar dari sebuah model, dengan menggunakan program komputer. Model adalah deskripsi dari benda tiga dimensi dalam bahasa didefinisikan secara ketat atau struktur data. Itu akan berisi geometri, sudut pandang, tekstur, pencahayaan, dan bayangan informasi. Gambar adalah sebuah gambar digital atau raster grafik gambar. Mungkin istilah oleh analogi dengan “artis render” dari sebuah adegan. ‘Rendering’ juga digunakan untuk menggambarkan proses menghitung efek dalam video editing file untuk menghasilkan output video akhir.
Paling sering, 3D rendering mesin atau sistem dalam mesin permainan dibangun di atas grafis API seperti Direct3D atau OpenGL yang menyediakan perangkat lunak abstraksi dari GPU atau video card. Perpustakaan tingkat rendah seperti DirectX, SDL, dan OpenAL juga umum digunakan dalam permainan karena menyediakan perangkat keras akses independen lain perangkat keras komputer seperti perangkat input (mouse, keyboard, dan joystick), kartu jaringan, dan kartu suara. Sebelum hardware-accelerated 3D grafis, renderers perangkat lunak telah digunakan. Software rendering masih digunakan di beberapa model tools atau untuk yang masih diberikan gambar bila akurasi visual dinilai lebih real-time performance (frame per detik) atau ketika perangkat keras komputer tidak memenuhi persyaratan seperti shader mendukung atau, dalam kasus dari Windows Vista, dukungan untuk Direct3D 10.
  • Kecerdasan buatan
Kecerdasan Buatan (bahasa Inggris: Artificial Intelligence atau AI) didefinisikan sebagai kecerdasan yang ditunjukkan oleh suatu entitas buatan. Sistem seperti ini umumnya dianggap komputer. Kecerdasan diciptakan dan dimasukkan ke dalam suatu mesin (komputer) agar dapat melakukan pekerjaan seperti yang dapat dilakukan manusia. Beberapa macam bidang yang menggunakan kecerdasan buatan antara lain sistem permainan komputer (games) yang melibatkan lawan main pemain utama dalam sebuah sekenario.

TAHAP PEMBUATAN GAME
1. Tentukan Genre Game
Pertama pikirkan jenis game yang ingin Anda bikin, apakah berjenis, RPG(Role Playing Game) seperti harvest moon, FPS(First Person Shooter) seperti Counter Strike, SPS(Second Person Shooter) seperti 25 To Life, Arcade seperti Riden, Fighting seperti Street Fighter, Racing seperti Need For Speed, atau RTS(Real Time Strategy) seperti Age Of Empire. Disarankan pilihlah jenis game yang sesuai dengan kemampuan yang Anda miliki ,mudah dan cepat dalam pembuatannya.
2. Tentukan Tool yang ingin digunakan
Ini bagian yang terpenting, dengan apakah Anda ingin membuat game tersebut, biasanya game dibuat dengan bahasa pemograman, jika Anda adalah seorang programer maka Anda bisa membuat game dengan bahasa pemograman yang Anda kuasai, tetapi jika Anda adalah orang yang belum begitu menguasai atau sama sekali tidak mengetahui tentang dunia pemograman maka jangan berkecil hati dan jangan menganggap bahwa membuat game dizaman sekarang masih susah, banyak sekali software yang khusus dibuat untuk membuat game dengan genre tertentu, ada software yang menggunakan bahasa pemograman dalam pembuatan game atau sama sekali tidak membutuhkan pemograman dalam pembuatannya, sehingga Anda hanya perlu menggunakan mouse untuk mengatur jalannya game, karakter jagoan, musuh dan beberapa komponen game lainnya, software untuk membuat game sangat membantu Anda dalam membuat sebuah game.
3. Tentukan gameplay game
Gameplay adalah sistem jalannya game tersebut, mulai dari menu, area permainan, save, load, game over, story line, misiion sukses, mission failed, cara bermain dan sistem lainnya harus Anda tentukan, misal dalam sistem save Anda hanya akan membuat pemain bisa mensave permainan jika jagoannya sudah menuju kesebuah lokasi, kemudian ketika meload karakter jagoan akan kembali ketempat area save, atau ketika dalam menu pemain hanya akan mendapat pilihan menu play game, load game, credit dan quit, atau Anda ingin membuat game yang bercerita tentang seorang mahasiswa yang terlibat dalam perang antar geng jalanan dan mencoba untuk keluar dari permasalahan tersebut. Semua sistem yang digunakan dalam game disebut dengan gameplay. Sebisa mungkin buatlah gameplay game Anda enak untuk dimainkan dan tidak menyulitkan pemain sehingga pemain akan nyaman ketika memainkan game Anda
4. Tentukan grafis yang ingin digunakan
Jenis grafis secara sederhana dapat dibagi menjadi tiga jenis yaitu jenis kartun, semi realis, atau realis. Pilih jenis grafis yang sesuai dengan kebutuhan game Anda dan sesuai dengan kemampuan Anda, kemudian pilih software apa yang ingin Anda gunakan dalam membuat gambarnya, pilihlah yang Anda anggap paling mudah digunakan
5. Tentukan suara yang ingin digunakan
Tanpa suara akan membuat game Anda kehilangan nilainya, karena itulah pilih suara yang ingin digunakan dalam permainan. Pilihan suara bisa Anda bagi-bagi menjadi beberapa bagian seperti bagian main menu, save menu, load menu, shoot, dead, mission sukses, mission failed, loading dan bagian-bagian lainnya, pemilihan suara yang digunakan harus seirama dengan bagiannya, misal untuk bagian mission failed tidak cocok jika menggunakan musik yang bersemangat, haruslah musik yang mengandung kesedihan untuk didengar sehingga akan membuat pemain makin sedih ketika jagoannya kalah. Kemudian pilih software yang ingin Anda gunakan untuk membuat atau mengedit suara yang akan digunakan dalam game
6. Lakukan perencanaan waktu
Dengan perencanaan waktu akan membuat Anda makin bebas melakukan hal lainnya karena perasaan Anda tidak lagi terganggu dengan game yang belum selesai dibuat, kemudian ketika waktu pembuatan game sudah tiba Anda akan membuat game sesuai dengan urutan waktu yang sudah Anda tentukan sehingga Anda tidak bingung bagian game mana yang belum selesai dikerjakan dan yang sudah selesai dikerjakan. Perencanaan waktu pembuatan sangat baik untuk dilakukan
7. Proses pembuatan
Yang terakhir lakukan pembuatan game karena semua komponen yang Anda perlukan sudah disiapkan dari awal, lakukan proses pembuatan berdasarkan waktu yang sudah ditentukan, tidak ada salahnya Anda meminta pertolongan orang lain sehingga akan mempercepat proses pembuatan game Anda.
8. Lakukan publishing
Ketika Anda sudah selesai membuat sebuah game, publish game Anda menjadi setup jika game Anda harus diinstal terlebih dahulu sebelum dimainkan atau publish menjadi exe jika game Anda bisa langsung dimainkan tanpa harus menginstalnya terlebih dahulu, metode mempublish tergantung dengan tool yang Anda gunakan untuk membuat game
Tahap tambahan: publikasikan game Anda
Tahap ini kita perlukan sebagai parameter apakah game yang kita buat dapat diterima dengan baik atau tidak. Jadi, jika kurang mendapat respon kita dapat meningkatkan kualitas karya kita.

PROFESI DALAM PEMBUATAN GAME
-Programmer
-Graphic designer
-3D animator
-Music Composer

0 comments:

Posting Komentar

Ada kesalahan di dalam gadget ini

Snap Shots

Get Free Shots from Snap.com