Catur adalah permainan yang dimainkan oleh dua pemain. Satu pemain bermain dengan buah berwarna putih dan pemain lain bermain dengan buah berwarna hitam. Setiap pemain memiliki enam belas buah catur pada awal permainan: satu raja, satu ratu, dua rooks, dua uskup, dua ksatria, dan delapan pion. Perkembangan dunia teknologi game saat ini membuat permainan catur dapat dimainkan di komputer atau video gamePemain dapat bermain walau hanya seorang diri dengan cara melawan sistem komputer tersebut, hal ini disebabkan karena terdapat system kecerdasan buatan yang diimplementasikan ke dalam sistem permainan catur tersebut. Dengan adanya kecerdasan buatan inilah, yang semakin memberikan tantangan dalam permainan catur ini. Permainan catur yang dimainkan dengan papan catur, tentu saja memiliki kendala-kendala dalam memainkannya. Kendala tersebut dapat berupa tidak efisien dengan selalu membawa papan catur dan bidak-bidaknya ke berbagai tempat karena ukurannya yang besar. Begitu pula dengan catur yang dimainkan pada computer, pemain hanya bisa memainkan catur di tempat yang terdapat komputer. Dengan kendala-kendala yang dirasakan dan semakin banyaknya minat khalayak dalam memainkan permainan catur inilah yang mendorong penulis membuat game catur diimplementasikan ke dalam mobile application yang diberi nama ChessMain. Pembuatan ChessMain menggunakan bahasa pemrograman J2ME dan proses uji coba menggunakan Wireless Toolkit 2.5.2.

Perangkat Mobile
            Perangkat mobile adalah perangkat yang yang bergerak, tidak diam di satu tempat dan dapat dibawa ke mana-mana.Perangkat mobile sudah menjadi suatu kebutuhan, dengan keunggulan dapat mengakses informasi maupun hiburan, seperti e-commerce maupun game yang dapat disediakan dalam perangkat ini. Perangkat mobile memiliki banyak jenis dalam hal ukuran, desain dan layout, tetapi mereka memiliki kesamaan karakteristik yang sangat berbeda dari sistem desktop. Berikut ini adalah beberapa karakteristik dari perangkat mobile
  • Ukuran yang kecil
  • Memori yang terbatas
  • Daya proses yang terbatas
  • Mengkonsumsi daya yang rendah
  • Kuat dan dapat diandalkan
  • Konektivitas yang terbatas
  • Masa hidup yang pendek
Pengertian Game

Menurut Agustinus Nilwan dalam bukunya “Pemrograman Animasi dan Game Profesional” terbitan Elex Media Komputindo, game merupakan permainan komputer yang dibuat dengan teknik dan metode animasi. Jika ingin mendalami pengunaan animasi haruslah memahami pembuatan game. Atau jika ingin membuat game, maka haruslah memahami teknik dan metode animasi, sebab keduanya saling berkaitan.

Java2 Micro Edition (J2ME)

Java2 Micro Edition atau yang biasa disebut J2ME adalah lingkungan pengembangan yang didesain untuk meletakkan perangkat lunak Java pada barang elektronik beserta perangkat pendukungnya. Pada J2ME, jika perangkat lunak berfungsi baik pada sebuah perangkat maka belum tentu juga berfungsi baik pada perangkat lainnya. J2ME membawa Java ke dunia informasi, komunikasi, dan komputasi selain perangkat komputer desktop yang biasanya lebih kecil dibandingkan perangkat komputer desktop. J2ME bisa digunakan pada telepon selular, pager, personal digital assistans (PDA’s) dan sejenisnya. Teknologi J2ME juga memiliki beberapa keterbatasan jika diaplikasikan pada ponsel. J2ME sangat bergantung pada device yang digunakan, bisa dari merk ponsel, maupun kemampuan ponsel, dan dukungan terhadap teknologi J2ME. MIsalnya, jika sebuah ponsel tidak memiliki kamera maka jelas J2ME pada ponsel tersebut tidak dapat mengakses kamera. J2ME adalah bagian dari J2SE, karena itu tidak semua library yang ada pada J2SE dapat digunakan pada J2ME. Tetapi J2ME mempunyai beberapa library khusus yang tidak dimiliki J2SE. Gambar di bawah ini merupakan arsitektur J2ME.


Sebuah profile memberikan library tambahan untuk suatu kelas tertentu pada sebuah perangkat. profile-profile menyediakan user interface(UI) API, persistence, messaging library, dan sebagainya. Satu set library tambahan atau package tambahan menyediakan kemampuan program tambahan. Pemasukan package ini ke dalam perangkat J2ME dapat berubah-ubah karena tergantung pada kemampuan sebuah perangkat. Sebagai contoh, beberapa perangkat MIDP tidak memiliki Bluetooth built-in, sehingga Bluetooth API tidak disediakan dalam perangkat ini.


J2ME Wireless Toolkit
Java Wireless Toolkit atau yang biasa disebut J2ME WTK yang dapat di-download di http://java.sun.com/javame/downloads/index.jsp secara gratis. Sun Java Wireless Toolkit adalah perangkat lunak dari Sun Microsystems yang berfungsi untuk membuat dan mengembangkan aplikasi MIDlet , selain itu J2ME WTK menyediakan lingkungan emulator, dokumentasi beserta contoh-contoh aplikasi Java untuk perangkat kecil (small device). Sun Java Wireless Toolkit berbasiskan pada CLDC dan MIDP. J2ME WTK adalah program yang meniru kerja ponsel yang mendukung MIDP atau emulator. Oleh karena itu, belum tentu MIDlet yang berjalan di emulator juga berjalan pada ponsel yang sebenarnya, karena juga bergantung pada kemampuan dan kapasitas ponsel yang digunakan.
Sun Java Wireless Toolkit menyediakan empat buah emulator. Emulator itu sendiri digunakan untuk menyimulasikan device didalam komputer sehingga aplikasi yang kita buat dapat dijalankan dan diuji coba tanpa harus di-install terlebih dahulu. Akan tetapi belum tentu MIDlet yang berjalan di emulator juga berjalan pada handphone yang sebenarnya, karena juga bergantung pada kemampuan dan kapasitas handphone yang digunakan.

Aturan Permainan Catur
Permainan dilangsungkan di atas papan yang terdiri dari 8 lajur dan 8 baris kotak/petak berwarna hitam dan putih (atau terang dan gelap) secara berselang seling. Permainan dimulai dengan 16 buah pada masing-masing pihak, yang disusun berbaris secara khusus pada masing-masing sisi papan catur secara berhadap-hadapan. Satu buah hanya bisa menempati satu petak. Pada bagian terdepan masing-masing barisan terdapat 8 pion, diikuti di belakangnya dua benteng, dua kuda (dalam bahasa Inggris disebut knight-ksatria), dua gajah (dalam bahasa Inggris disebut bishop-uskup), satu menteri atau ratu atau ster, serta satu raja. Masing-masing buah catur memiliki cara jalan masing-masing. Pion hanya boleh jalan satu kotak ke depan, kecuali langkah pertamanya, boleh dua kotak ke depan. Pion tidak boleh melangkah mundur. Namun, pion memakan musuhnya dengan langkah diagonal ke kiri atau ke kanan.  Benteng berjalan lurus secara vertikal dan horizontal. Sementara gajah atau uskup berjalan maju mundur secara diagonal. Cara jalan Ratu merupakan kombinasi dari cara jalan Benteng dan Uskup. Kuda bisa melompati halangan di depannya, asalkan alur jalannya seperti huruf “L” sebanyak 4 kotak. Raja bisa berjalan ke segala arah, tapi hanya sebanyak satu kotak. 

           Sebelum bertanding, pemain memilih warna buah yang akan ia mainkan. Pemegang buah putih memulai langkah pertama, yang selanjutnya diikuti oleh pemegang buah hitam secara bergantian. Tujuan permainan adalah mencapai posisi skak mat. Hal ini bisa terjadi bila Raja terancam dan tidak bisa menyelamatkan diri ke petak lain. Tidak selalu permainan berakhir dengan kekalahan, karena bisa terjadi pula peristiwa seri atau remis di mana kedua belah pihak tidak mampu lagi meneruskan pertandingan karena tidak bisa mencapai skak mat.

Perancangan dan Implementasi Program
          Untuk membuat sebuah program diperlukan perancangan terlebih dahulu. Sebelumnya kita harus membuat sebuah batasan masalah dari program, pada game chessmain ini batasan masalahnya yaitu cara bermain dari game chessMain ini ada dua pilihan yaitu yang pertama adalah  pemain akan melawan sistem dari game tersebut. Pilihan permainan yang kedua yaitu pemain dapat bermain dengan pemain lainnya secara langsung dalam satu handphone yang sama tanpa bantuan alat koneksi seperti Bluetooth ataupun wireless devices lainnya. Apabila pemain melakukan kesalahan langkah dalam menjalankan bidak-bidak catur, maka akan tedapat peringatan kesalahan langkah dari sistem. Pada game chessMain ini terdapat levelisasi, dari tingkat yang paling mudah sampai tingkat yang paling susah. Tidak terdapat demo permainan dan high score dari game chessMain ini. Namun, terdapat instruksi dari navigasi tombol, misalnya tombol 1 untuk memilih bidak dan menjalankannya, tombol 4 untuk mematikan game engine, tombol 6 untuk menghidupkan game engine kembali dan lain-lainnya. Tahapan selanjutnya adalah tahapan pembuatan program. Tahapan ini merupakan tahapan pembuatan program aplikasi game ChessMain. Tahapan pembuatan program terdiri dari beberapa langkah. Langkah yang pertama adalah pembuatan project Chessmain pada J2ME Wireless Toolkit. Setelah project telah terbentuk maka mulai memasuki tahapan pembuatan source codeSource Code untuk program ini terdiri dari 4 kelas yang membentuk aplikasi game ChessMain. Program game chessMain ini terdiri dari empat kelas, yaitu chessMain.java, ChessEngine.java, LevelCanvas.java, dan ChessConstants.java. Kelas chessMain.java adalah turunan dari kelas MIDlet, yaitu bagian dari kelas javax.microedition.midlet.MIDlet yang didefinisikan pada MIDP. Pada kelas ChessEngine.java berisi tentang pengaturan mesin yang akan melawan pemain. Kelas LevelCanvas.java yaitu memuat perintah yang mengatur derajat kesukaran dari level yang ada yaitu high-level dan low-level. Kelas yang keempat yaitu kelas ChessConstants.java adalah kelas yang mengatur variable konstan untuk setiap bidak catur.



Proses Uji Coba Aplikasi pada J2ME Wireless Toolkit

Tahapan ini merupakan tahapan yang bertujuan untuk melakukan proses uji coba aplikasi game ChessMain yang telah dibuat pada emulator J2ME WTK 2.5.2. Proses ini terbagi menjadi dua tahap, yaitu tahap kompilasi program dan tahap running program. Apabila proses kompilasi belum berhasil, maka aplikasi belum bisa untuk dijalankan.

Pada saat menjalankan aplikasi game ChessMain pada emulator, maka tampilan yang akan muncul  sebuah menu, pengguna harus mengklik Launch untuk masuk ke dalam permainan. Berikut ini adalah tampilan program saat dijalankan di emulator J2ME WTK.
Tampilan Play Screen ChessMain Game

Tampilan Menu Instruction pada Emulator




Arum Agesti Aprilia (50407164)
Tugas: Pemrograman Multimedia
Kelas: 4IA07

1 comments:

  1. Unknown says:

    Saya tertarik dengan aplikasi ini, klo bole saya minta code programnya donk karna saya mau mencobanya....
    Thx

Posting Komentar

free counters

Snap Shots

Get Free Shots from Snap.com