ANIM8OR

Anim8or adalah sebuah program freeware pemodelan 3D dan animasi berbasis OpenGL yang dibuat oleh R. Steven Glanville, seorang software engineer dari Nvidia. Program ini memiliki banyak fitur dan tools. Ukuran yang kecil, kemudahan dalam penggunaan, dan tutorial yang mudah dipahami memberi kemudahan bagi para pengguna yang belum pernah menyentuh pemodelan dan animasi 3D. Maskot Anim8or adalah seekor burung robin merah bernama Robin. Robin kerap muncul dalam berbagai tutorial pemodelan dan animasi. 

Anim8or adalah program animasi komputer 3D yang dirancang untuk memungkinkan penciptaan animasi secara langsung. Anim8or dapat digunakan untuk menciptakan dan mengedit obyek, figur, dan pemandangan langsung pada layar komputer secara interaktif.




TOOL TIPS

Anda dapat mengaktifkan tips alat dengan Pilihan-> perintah menu tooltips. Kemudian jika Anda menghentikan kursor mouse di atas tombol toolbar berfungsi akan ditampilkan dalam status bar.


TOOLBAR dan MENU

Berikut ini adalah bagian dari toolbar yang khas. Kotak ini memiliki beberapa bagian di dalamnya yang mengontrol aspek-aspek yang berbeda dari perilaku. Toolbar ini memiliki beberapa modus yang perlu diperhatikan, yang pertama adalah modus PUTIH, modus HITAM dan modus ABU-ABU. Yang putih menunjukkan bahwa modus atau option yang terkait saat ini sedang dipilih atau berlaku. Yang hitam menunjukkan keadaan yang tidak dipilih. Tombol abu-abu menunjukkan pilihan yang saat ini tidak tersedia.

Kelompok teratas masing-masing tombol pada toolbar bertindak sebagai radio yang menunjukkan saat ini modus edit tampilan yang aktif. Ketika Anda mengklik salah satu dari mereka, menjadi disorot dan modus yang dipilih. All of the others are deselected. Semua yang lain tidak terpilih. Makna dari berbagai tombol dalam kelompok ini, dan tombol umum lainnya, akan dijelaskan di bawah ini.


COMMON BUTTON

Kelompok paling atas dapat memiliki hingga 4 tombol di dalamnya. Ketika Anda mengklik pada salah satu itu mengatur modus ditunjukkan, dan perubahan bagian bawah toolbar untuk menunjukkan fungsi-fungsi yang ada dalam modus baru Anda. Modus yang berbeda:

Tombol ini menunjukkan bahwa anda berada di paling dasar pilih-dan-mode edit untuk editor yang sedang Anda gunakan. Anda akan menggunakannya untuk kebanyakan operasi, seperti memilih hal-hal dan tindakan mengedit umum.


Tombol ini digunakan untuk mengubah tampilan atau pandangan anda dari ruang kerja Anda. Dengan itu, Anda dapat pan, zoom, tilt, dan skala masing-masing melihat secara independen.


  Dalam modus ini Anda dapat memindahkan dan memutar poros untuk benda-benda di ruang kerja Anda. Sebuah pivot adalah titik dan orientasi yang digunakan ketika anda memutar skala dan setiap objektifikasi t.


  Anda menggunakan tombol ini untuk pindah ke mode edit titik. Hal ini memungkinkan Anda untuk menambah, bergerak, dan memodifikasi poin individu, tepi, dan wajah-wajah pada objek mesh diedit.


Tiga tombol kecil ini menunjukkan tiga sumbu dunia 3D. Mereka menunjukkan yang sumbu adalah "terkunci ', yang memungkinkan Anda untuk bergerak dan memutar berbagai hal dalam setiap arah. Anda bisa secara individual memilih atau tidak memilihnya, dan dengan demikian membatasi gerakan objek yang Anda berubah.


Tiga tombol kecil yang membentuk kelompok radio. Mereka menunjukkan sistem koordinat saat ini Anda gunakan.  coordinates when you manipulate things. Anda dapat menggunakan world , object , atau screen ketika Anda memanipulasi hal.


Anda akan menemukan bahwa ada beberapa tombol toolbar umum yang memiliki makna sama atau serupa di lebih dari satu modus edit. They are described next. Mereka dijelaskan selanjutnya. 


Arrow Button - Anda menggunakan tombol panah untuk memilih komponen individual.Ketika Anda mengklik pada sebuah objek dengan menggunakan tombol kiri mouse, Anda pilih dan hapus pilihan apapun objek yang dipilih sebelumnya. Bila Anda menggunakan tombol mouse sebelah kanan, Anda meninggalkan benda apapun yang dipilih saat ini dipilih, lalu pilih yang tambahan.


  Dengan tombol ini Anda dapat klik dan tarik untuk menunjukkan pilihan sudut-sudut persegi panjang. Setiap dan semua benda-benda yang berada dalam daerah itu kemudian dipilih.Sekali lagi, membatalkan pilihan kiri mouse seleksi sebelumnya setiap item, sedangkan mouse sebelah kanan tidak.


The Move Function Anda menetapkan ketika Anda ingin memindahkan benda-benda di sekitar di layar. Bila Anda menekan tombol kiri mouse dalam sebuah jendela tampilan, Anda dapat menarik apa saja yang saat ini dipilih dalam arah X dan Y dengan menggerakkan mouse ke kiri dan kanan, atau atas dan bawah. Objek akan bergerak bersama dengan mouse anda. Demikian pula, tombol mouse sebelah kanan mereka akan bergerak sepanjang sumbu Z, yang biasanya ke dalam layar.


The Rotate Button, digunakan untuk memutar hal. Ketika Anda mengklik dan drag tombol kiri mouse, setiap objek akan berputar mengelilingi X dan Y-sumbu bersama dengan mouse anda. Anda dapat menggunakan tombol kanan untuk memutar mereka di Z-sumbu.


The Non-Uniform Scaling Button. Dengan itu Anda dapat skala paling objek independen di X Y arah manapun dengan menggunakan tombol kiri mouse, dan pada arah Z dengan tombol mouse sebelah kanan.


Tombol ini berfungsi untuk memperbesar atau memperkecil skala objek di berbagai dimensi.

 Ada juga gaya VCR set tombol untuk mengontrol pemutaran animasi Anda. Anda menggunakan tombol-tombol dengan cara yang sama seperti yang di atas standar VCR atau tape.


TOP TOOLBAR

 Ini adalah sebuah toolbar yang ada di bagian atas jendela. Anda dapat menggunakan untuk beberapa tugas umum di seluruh Anim8or.


 

Tombol-tombol pada toolbar atas melakukan hal-hal berikut.  

Undo - Jika tombol ini diaktifkan Anda dapat menggunakannya untuk membatalkan perintah edit paling baru.
Redo - permohonan kembali sebuah perintah yang telah Anda undo.
Cut - Menghapus semua komponen yang dipilih dan meletakkan pada clipboard.
Wireframe - Perubahan tampilan kerja Anda untuk gambar rangka objek.
Wireframe - Perubahan tampilan kerja Anda untuk gambar rangka objek.
Smooth - Melihat objek sebagai halus.
Material - Menampilkan / matikan material toolbar.
Arc Rotate - Mengaktifkan alat Arc Rotate. Anda dapat dengan mudah pan, zoom, dan memutar tampilan apapun dengan Arc Rotate. 

Snap to Grid - Anda dapat beralih ke mode Kotak dengan tombol ini.
List - Menampilkan daftar komponen-komponen dalam tampilan yang aktif. Anda bisa mengklik pada komponen individu untuk memilih dan tidak memilihnya.

Graph Editor - Menampilkan grafik Elemen yang dipilih's controller di Scene editor. Anda dapat menggunakan mouse anda untuk menyesuaikan nilai-nilai kunci langsung frame dalam grafik. 







source :

1 comments:

  1. Unknown says:

    hei..anak gundar juga toh.
    padahal gw lagi iseng search buat LP tentang anim8or,eh ketemunya blog anak gunadarma juga.haha
    nice to know ya :)

Posting Komentar

free counters

Snap Shots

Get Free Shots from Snap.com